Tip Trik oleh: Y. Karel Pangau
TIP TRIK KOMPUTER
oleh: Yohanes Karel Pangau
 
Dalam pembuatan sebuah web, model/tipe/jenis font sangat tergantung pada font yang terinstal pada komputer pemakai (client).
Kalau kita ingin membuat font yang khusus, yang mungkin tidak terinstall pada komputer pemakai bagaimana ?

Setiap tulisan/gambar/konten pada program HTML selalu ditampilkan secara urut, baik urut kekanan atau kebawah.
Bagaimana jika akan membuat tampilan yang bisa menindih tampilan lain, maka penyelesaiannya adalah menggunakan z-index pada CSS.
z-index pada CSS seperti pengertian layer pada pengolah grafis.

Command Prompt alias cmd.exe adalah salah satu tool yang banyak menolong pengguna dalam mengoperasikan windows.

Pengaturan teks pada HTML dapat diatur tampilannya supaya menjadi lebih indah dengan memanfaatkan elemen style yang merupakan skrip dari CSS. Property pada CSS yang digunakan untuk pemformatan teks antara lain: color, text-align, text-decoration, text-indent, dan text-transform.
CSS dapat melakukan pemformatan pada font, seperti menentukan ukuran font atau memilih jenis font yang akan digunakan. Property pada CSS yang digunakan untuk melakukan pemformatan font antara lain: font-size, font-family, font-style dan font-weight.
CSS juga memungkinkan kita untuk membuat sebuah box / kotak. Property pada CSS yang digunakan untuk melakukan pemformatan font antara lain : margin, border, padding, width, background.

Bagi Anda yang seringkali bercoding ria dengan menggunakan php, ataupun code igniter, ataupun framework php lainnya mungkin pernah berurusan dengan yang namanya virtual host, virtual host sebetulnya merupakan satu buah fitur dari apache webserver yang memungkinkan komputer yang terinstall apache didalamnya memiliki banyak domain dengan menggunakan satu IP saja. Developer membutuhkan fitur ini ketika dia harus berurusan dengan banyak domain dikomputernya.
XAMPP merupakan webserver paketan yang didalamnya telah tersedia apache, dengan interpreter php, dan database mysql di dalamnya.

Pada pembuatan sebuah web ada bagian yang kadang diperlukan yaitu fungsi untuk redirect (pengalihan) ke web lain.
Redirect diperlukan jika pada halaman web tersebut tidak ingin ditampilkan, tetapi langsung loncat ke web lain yang tersedia.
Dalam kesempatan kali ini akan diberikan contoh redirect menggunakan HTML, PHP dan JavaScript.

Pada pembuatan sebuah web yang cukup besar, maka diperlukan adanya sebuah menu untuk memudahkan pengguna dalam menjelajahi web. Menu web yang saat ini sangat populer adalah MENU DROPDOWN, dimana menu utama yang terlihat pertama kali, dan sub-menu akan tampil pada saat disorot menggunakan mouse.
Menu web saat ini sangat beragam modelnya, ada model/bentuk menu berupa text sederhana ataupun gambar sederhana, ada juga yang berbentuk menu dropdown secara horizontal ataupun vertikal.
Pembuatanya juga bervariasi, ada yang menggunakan javascript, ada juga menggunakan jquery, bahkan ada yang membuat menu dari flash. Sekarang kita akan membuat menu dropdown horizontal murni yang dibangun dengan css.>

Kadang-kadang kita menginginkan pada sebual sel Excel yang tampil adalah rumus/formula bukan hasil.
Sebuah hotkey tunggal memungkinkan kita beralih di antara tampilan normal Excel, yang menunjukkan hasil rumus pada spreadsheet, dan mode layar yang menunjukkan rumus yang sebenarnya.